8 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami



Cara menghilangkan jerawat tidak selamanya harus mahal ribet. Memang ada banyak sekali metode yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat membandel, seperti menggunakan cream jerawat, perawatan wajah di klinik kecantikan atau menggunakan bahan-bahan alami yang lebih minim efek samping.

Merawat dan membersihkan wajah menjadi ritual yang sangat penting dan harus Anda lakukan untuk melakukan pencegahan munculnya jerawat. Karena jerawat mudah muncul pada wajah yang kotor, kusam dan jarang dibersihkan.

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat

Penyebab Jerawat

Jerawat dapat muncul karena beberapa faktor, diantaranya adalah saat datang bulan, perubahan hormon, pemakaian kosmetik yang salah, udara kotor yang menempel pada wajah dan bercampur dengan sel kulit mati, kelenjar minyak berlebih (jenis kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat), pola makan yang tidak sehat dan kurang mengkonsumsi makakan yang mengandung vitamin A dan E.

Perawatan Wajah Berjerawat

  • Jangan memencet jerawat. Memencet jerawat yang belum matang dapat menimbulkan bekas jerawat yang susah untuk dihilangkan. Sehingga justru menambah masalah baru bagi wajah.
  • Jangan menyentuh wajah dengan tangan. Ini merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Sebaiknya hindari menyentuh wajah dengan tangan karena dapat menyebarkan kuman dan bakteri kedalam pori-pori kulit sehingga memperparah jerawat.
  • Membersihkan wajah secara rutin. Anda dapat mencuci wajah menggunakan sabun khusus wajah untuk menghilangkan kotoran, debu,minyak berlebih dan mengangkat sel-sel kulit mati. Jangan lupa bersihkan sisa make up sebelum tidur sehingga pori-pori kulit dapat bernafas lega.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Meskipun kini banyak cream jerawat yang dijual secara online maupun offline, namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba bahan alami untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa Anda coba:

1. Mentimun
Caranya: Ambil mentimun kemudian parut hingga halus. Setelah itu oleskan pada wajah yang berjerawat dan berkomedo. Diamkan kurang lebih selama 20 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat hingga bersih.

2. Kulit Jeruk
Caranya: Ambil beberapa kulit jeruk kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit air hingga terbentuk seperti pasta. Oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan kurang lebih selama 10 menit. Terakhir bilas hingga bersih.

3. Madu
Caranya: Ambil madu murni kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat dengan cotton bud. Diamkan kurang lebih selama 15 menit, kemudian bilas. Lakukan cara ini setiap hari hingga jerawat kering dan hilang.

4. Pepaya
Caranya: Blender pepaya yang telah dibersihkan dari kulit dan isinya. Oleskan pada komedo dan jerawat yang meradang. Diamkan kurang lebih selama 20 menit kemudian bersihkan. Selain dapat mengurangi peradangan, masker pepaya juga dapat membuat kulit lebih halus.

5. Kayu Manis
Caranya: Campurkan dan aduk 2sdt madu dan 1sdt kayu manis bubuk hingga rata. Oleskan pada wajah dan diamkan kurang lebih selama 10 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih.

6. Lemon
Caranya: Oleskan jus lemon secara merata pada wajah yang berminyak dan berjerawat menggunakan kapas. Anda bisa juga menggunakan air perasan jeruk lemon.

7.  Kuning Telur
Caranya: Pisahkan kuning telur dengan putihnya. Ambil bagian kunig telur dan kocok pada piring atau mangkok. Oleskan kuning telur pada seluruh permukaan wajah dan diamkan kurang lebih selama 15 menit. Bersihkan dengan kain basah kemudian bilas hingga bersih dengan air hangat.

8. Yogurt
Caranya: Campurkan yogurt polos dengan dua sdt bubuk kenari (buah kenari yang telah ditumpuk hingga halus). Aplikasikan merata pada seluruh wajah dengan cara dipijat lembut selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.