Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah



Cara menghilangkan flek hitam dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami atau cara modern yang dapat memberikan hasil maksimal.

Flek hitam pada wajah disebabkan karena beberapa faktor, bisa karena faktor usia, bekas jerawat dan paparan sinar matahari.

Cara Menghilangkan Flek Hitam

Cara menghilangkan flek hitam

Beragam perawatan bisa Anda pilih untuk memudarkan flek hitam dan membuat wajah kembali bersih. Mulai dari perawatan sederhana, hingga perawatan mahal pada dokter khusus kecantikan. Seperti yang dikutip dari wolipop.com, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

Menggunakan Bahan Alami

Flek hitam pada wajah dapat diatasi menggunakan bahan alami seperti lemon, pepaya dan susu yang memiliki kandungan pencerah didalamnya. Lemon dapat kita gunakan untuk memudarkan flek hitam pada wajah karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

Sedangkan pepaya mengandung enzim papain yang dipercaya dapat mengatasi flek hitam dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara menggunakannya:
Anda dapat membuat masker dengan bahan lemon dan pepaya. Hancurkan kedua bahan tersebut dengan cara diblender. Kemudian oleskan pada permukaan wajah secara merata.

Untuk penggunaan susu, Anda dapat menggunakannya untuk membasuh wajah agar mengurangi bintik hitam dan meningkatkan warna kulit. Susu dipercaya dapat menghilangkan flek hitam pada wajah karena kandungan susu bisa untuk melawan flek hitam dan juga untuk mencerahkan

Cream Flek Hitam

Kini sudah banyak sekali dijual cream flek hitam yang dapat mengatasi noda hitam pada wajah dan mencerahkannya. Namun sebelum membelinya, sebaiknya pilihlah cream yang benar-benar aman untuk wajah. Anda juga bisa memakai cream yang mengandung pencerah kulit. Karena terdapat beberapa kandungan bahan aktif yang dapat mengurangi melanin yang menimbulkan flek.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan teknik untuk mengamplas wajah menggunakan alat khusus. Wajah akan digosok menggunakan alat khusus menggunakan tip (aplikator) yang dilapisi dengan butiran berlian. Hasilnya, wajah menjadi lebih putih, bersinar dan halus karena flek hitam dan sel kulit mati dapat dihilangkan. Selain itu, menjadi lebih putih, mikrodermabrasi juga dapat mengangkat komedo dan meningkatkan kolagen.

Scrub dan Masker

Perawatan rutin di rumah menggunakan scrub dan masker juga dapat memudarkan flek hitam. Pilihlah scrub dan masker yang dapat mencerahkan kulit dan lakukan dua perawatan ini dua kali seminggu.

Gunakan Sunblock

Meskipun sunblock tidak dapat menghilangkan flek hitam, namun dapat mencegah flek hitam meluas. Fungsi utama sunblock adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari penyebab munculnya noda hitam. Gunakan sunblock dengan kandungan SPF minimal 15.

Trik Make-up

Salah satu cara instan menghilangkan flek hitam adalah menggunakan trik make up. Untuk menutupi flek hitam, Anda dapat menggunakan foundation dan concealer. Caranya, gunakanlah foundation pada seluruh permukaan wajah. Kemudian titik-titikanlah concealer di bagian wajah yang bernoda, kemudian ratakanlah dengan jari atau brush khusus. Kini wajah Anda menjadi lebih halus tanpa noda.