7 Penyebab Kulit Berminyak Berlebih



Apakah selama ini Anda masih bermasalah dengan minyak berlebih pada wajah? Bisa saja Anda memiliki jenis kulit berminyak, atau bisa juga karena faktor lingkungan yang menyebabkan produksi minyak lebih banyak.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit Anda berminyak, mulai dari faktor genetik hingga kebiasaan buruk sehari-hari. Seperti yang dikutip dari vemale.com, berikut ini beberapa penyebab kulit berminyak.

Penyebab Kulit Berminyak

Penyebab Kulit Berminyak
image: stylefashionista.com


1. Faktor Genetik

Kulit berminyak salah satunya bisa karena faktor genetik atau faktor keturunan. Jika keluarga Anda ada yang memiliki kulit berminyak maka kemungkinan Anda juga bisa memiliki kulit berminyak. Yang harus Anda lakukan adalah melakukan perawatan agar pori-pori tetap bersih dan tidak tersumbat sehingga tidak terjadi komedo atau jerawat.

2. Kosmetik

Selain faktor genetik, pemakaian kosmetik berlebih untuk perawatan kulit tertentu juga dapat menjadi penyebab kulit berminyak.

3. Obat

Obat-obatan ternyata dapat mengganggu hormon dan dapat mempengaruhi kulit.

4. Cuaca

Kulit Anda akan beradaptasi ketika menghadapi perubahan cuaca. Ketika cuaca terlalu kering atau lembab maka kulit mungkin memproduksi minyak lebih dari biasanya. Apalagi ketika cuaca ekstrem, sangat tidak baik bagi kesehatan kulit Anda.

5. Stres

Sebaiknya hindari stres karena tingkat stres yang tinggi juga dapat menyebabkan produksi minyak berlebih. Lakukan rileksasi dengan cara berhenti sejenak dari rutinitas harian, meditasi, mendengarkan musik, minum teh hangat, memijat diri sendiri dan sejenisnya untuk mengurangi stres berlebih.

6. Masa Pubertas

Masa puber bagi remaja merupakan masa dimana kelenjar minyak memproduksi secara berlebihan. Oleh sebab itu mengapa banyak remaja yang mengalami masalah jerawat.


7. Menggosok Berlebihan

Menggosok kulit terlalu banyak dalam waktu yang sering ternyata juga tidak baik untuk kesehatan kulit Anda, sebaiknya hindari.

Setelah mengetahui beberapa penyebab kulit berminyak, kini Anda dapat mengatasi wajah berminyak dengan tepat sesuai dengan permasalahan yang Anda hadapi.