Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan 4 Bahan Alami



Ada berbagai macam cara menghilangkan bekas luka yang bisa Anda coba, mulai dari cara modern hingga penggunaan bahan alami. Cara modern seperti perawatan laser ataupun dengan cara dermabrasi merupakan cara yang cukup ampuh. Namun, tentu saja Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tetapi, beberapa bahan alami ternyata dapat membantu menghilangkan bekas luka tersebut. Kelebihan bahan alami adalah lebih minim efek samping dan jauh lebih murah dari perawatan kulit menggunakan cara modern.

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Cara Menghilangkan Bekas Luka
image : food.detik.com

Pengobatan dengan bahan alami memang tidak dapat menghilangkan bekas luka sepenuhnya, namun setidaknya dapat memudarkan bekas luka. Jika bekas luka terlalu parah, maka maka pengobatan modern bisa lebih efektif.

Berikut ini beberapa bahan alami untuk menghilangkan bekas luka pada kulit:

1. Mentimun

Caranya: Ambil mentimun kemudian kupas dan buang bijinya. Potong kecil-kecil mentimun kemudian blender bersama putih telur hingga menjadi pasta. Setelah campuran kedua bahan tersebut benar-benar halus, Anda dapat segera mengoleskannya pada bekas luka kurang lebih selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air dingin. Lakukan perawatan tersebut secara rutin dan teratur.

2. Lemon

Lemon mengandung AHA atau Alpha hydroxy acids yang dapat membantu mempercepat mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan sel baru. Cara menggunakannya: Cukup oleskan air perasa lemon pada bekas luka menggunakan cotton bud. Diamkan selama 10 menit, kemudian bersihkan. Lemon cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka pada jerawat.

3. Madu

Madu merupakan bahan alami yang banyak direkomendasikan oleh ahli kecantikan untuk menghilangkan bekas luka. Caranya: Campurkan 2 sdt madu, 1 sdm oatmeal dan sedikit air. Oleskan kombinasi bahan tersebut dengan gerakan melingkar pada bekas luka hingga beberapa menit.

4. Lidah Buaya

Tidak hanya baik untuk menyuburkan rambut, lidah buaya ternyata juga dapat mengatasi bekas luka. Caranya: Potong lidah buaya kemudian oleskan getahnya pada bekas luka. Lakukan setidaknya 2 kali sehari.