7 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Dengan Mudah



Jerawat umumnya muncul pada wajah, namun tidak jarang juga jerawat muncul di bagian punggung. Meskpun keberadaannya tertutup, namun cukup mengganggu dengan rasa gatal atau bisa terjadi iritasi karena bersentuhan terus dengan pakaian.

Penyebab jerawat di punggung kurang lebih hampir sama dengan penyebab jerawat pada wajah. Yaitu aktifnya kelenjar sebum yang disertai pertumbuhan bakteri, sehingga pori-pori kulit dan folikel-folikel rambut pun tersumbat dan mengakibatkan munculnya bakteri.

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Cara Menghilangkan Jerawat

Jerawat dipunggung membutuhkan penanganan yang berbeda dengan wajah karena kulit bagian belakang lebih keras dari pada kulit wajah. Berikut ini beberapa perawatan alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi jerawat di punggung.

1. Gunakan Scrub Gula
Anda dapat menggunakan scrub gula untuk mengatasi jerawat di punggung. Lakukan perawatan ini saat mandi seminggu sekali.

2. Gunakan Scrub Mentimun
Caranya potong mentimun kecil-kecil. Ambil kuning telur yang telah dipisangkan dengan kuningnya, kocok sampai kaku. Kemudian campurkan putih telur dengan potongan mentimun kecil-kecil kedalam blender hingga menjadi jus. Oleskan pada punggung, diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Lakukan perawatan secara rutin 2 kali seminggu hingga punggung Anda bersih dari jerawat.


3. Mandi Dengan Spons Halus
Saat mandi, Anda dapat menggosok punggung menggunakan spons halus secara merata. Sebaiknya gunakan spons sendiri dan tidak bergantian dengan anggota keluarga lain. Cuci bersih spons setelah digunakan dan ganti spons maksimal 2 bulan sekali.

4. Berendam Dengan Air Asin
Anda cukup mandi atau berendam di pantai kurang lebih selama 10 menit. Kemudian berjemurlah 10-15 menit. Cara ini juga cukup efektif untuk menghilangkan jerawat di punggung. Lakukan sesekali saat waktu senggang atau saat akhir pekan tiba.

5. Gunakan Antibakteri
Cucilah punggung dengan pembersih wajah yang mengandung antibakteri dan keringkan dengan handuk.

6. Gunakan Lotion
Anda dapat menggunakan lotion yang mengandung alpha hydroxyl acid seperti glycolic atau lactic acid bersama dengan gel atau salep yang mengandung benzoyl peroxideuntuk mempercepat pengelupasan sel kulit mati dan mengurangi sumbatan pada pori-pori.

7. Gunakan Salep 
Selain lotion, Anda juga dapat menggunakan salep yang mengandung 10 persen benzoyl peroxide dan oleskan dengan cotton bud pada jerawat di punggung pada malam hari. Tunggulah hingga kering baru kemudian mengenakan pakaian Anda.

Namun jika jerawat punggung Anda tergolong parah dan bernanah, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan penanganan secara medis.