8 Cara Memutihkan Ketiak Hitam Dengan Mudah



Masih bingung mencari produk pemutih yang dapat mencerahkan ketiak? Tidak perlu risau, karena bahan-bahan dapur dibawah ini dapat menjadi solusi aman untuk mengatasi ketiak yang hitam.

Ketiak hitam biasanya disebabkan karena sering mencukur ketiak, pemakaian deodoran berlebihan, sel-sel kulit mati yang menumpuk dan pengeluaran keringat berlebihan di siang hari ditambah dengan kotoran plus bakteri sehingga memicu terjadinya pigmentasi di kulit ketiak.

Cara Memutihkan Ketiak

Cara Memutihkan Ketiak


Cara Memutihkan Kulit

Setiap wanita pasti menginginkan kulit putih merata baik pada wajah, tangan, kaki, ketiak dan seluruh tubuh. Salah satu masalah yang sering muncul adalah ketiak hitam. Meskipun tempatnya tertutup, namun cukup mengganggu jika melihat warna gelap pada area tersebut. Berikut ini beberapa tips untuk mencerahkan kembali warna ketiak yang hitam.

1. Madu dan Timun
Caranya: Tumbuk setengah buah timun yang telah dikupas dan dibersihkan dengan tekstur masih kasar. Kemudian campurkan 2 sdm madu. Gosokkan pada ketiak seperti scrubbing. Setelah digosok selama 3 menit, biarkan campuran tersebut meresap di ketiak kurang lebih selama 10 menit. Terakhir bersihkan dengan air hangat.

2. Cuka dan Baking Soda
Caranya: Siapkan 3 sdm cuka putih dan 2 sdm baking soda. Campurkan kedua bahan tersebut sampai mengental. Oleskan campuran bahan tersebut pada ketiak selama 15 menit. Terakhir bersihkan ketiak dengan air hangat.

3. Kentang
Caranya: Potong kentang tipis-tipis kemudian gosok-gosokkan pada bagian ketiak. Atau bisa juga digunakan sebagai masker, cukup parut kasar kentang kemudian letakkan secara merata pada ketiak. Diamkan kurang lebih selama 5 – 10 menit kemudian gosok-gosok dan bersihkan.

4. Tawas
Tawas dapat berfungsi untuk menyerap kelembapan ekstra dan mencegah berkembangnya bakteri penyebab bau badan di ketiak. Caranya cukup mudah, gosokkan tawas pada ketiak Anda.

5. Minyak Kelapa
Gunakan minyak kelapa sebelum mandi untuk memutihkan ketiak. Caranya, pijat pangkal lengan menggunakan minyak kelapa kurang lebih selama 10-15 menit. Kemudian mandilah seperti biasa. Kandungan vitamin E pada minyak kelapa dapat membantu mencerahkan warna ketiak.

6. Lemon
Caranya: Oleskan potongan lemon pada ketiak kemudian Anda harus menggunakan lotio. Karena lemon juga bisa menyebabkan kulit ketiak menjadi kering.

7. Lemon, Timun, dan Kunyit
Caranya: Iris tipis timun kemudian oleskan pada ketiak. Selain itu bisa juga dengan memarutnya hingga halus dan mencampurkannya dengan kunyit dan sari lemon untuk dioleskan pada ketiak yang hitam.

8. Lemon, Tepung, Yogurt, dan Kunyit Bubuk
Caranya: Campurkan lemon, tepung, yogurt, dan sedikit kunyit bubuk sampai berbentuk pasta. Oleskan pada ketiak dan diamkan selama setengah jam. Anda dapat menggunakan campuran bahan ini setiap hari selama 2 minggu pertama jika menginginkan hasil yang lebih cepat. Setelah itu gunakan sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Cara Mencegah Ketiak Hitam 

Perawatan ketiak secara rutin juga perlu Anda lakukan untuk mencegah ketiak hitam muncul lagi. Ada beberapa langkah dan tips yang bisa Anda coba, diantaranya adalah:

Ganti Deodoran Penyebab Ketiak Hitam
Penggunaan deodoran berlebihan merupakan salah satu penyebab ketiak hitam. Kandungan kimia di dalamnya yang tidak dapat diurai oleh bakteri dan jaringan kulit menjadikannya sampah yang mengendap di ketiak. Solusinya adalah gunakan deodoran yang yang mengandung moisturizer tinggi atau deodorant khusus kulit sensitif

Segera Bersihkan Ketiak Ketika Berkeringat
Keringat yang tidak tersirkulasi dengan baik dan tercampur dengan bedak atau deodoran dapat menimbulkan kotoran pada permukaan kulit. Solusinya segera ke toilet dan bersihkan ketiak ketika terasa basah atau muncul bau tak sedap pada siang hari karena udara panas. Tidak perlu menunggu waktu mandi untuk membersihkannya.

Minum Air 8 Gelas Setiap Hari
Disaat kita kekurangan cairan, maka kinerja dalam tubuh menjadi tidak baik. Kelenjar keringat terbesar dalam tubuh, yaitu ketiak, pasti bekerja keras untuk mengeluarkan keringat. Keringat yang keluar pun pastinya sangat pekat dan cenderung berlebih. Oleh sebab itu minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk membantu tubuh membuang semua kotoran yang mengendap di dalam tubuh, termasuk di kulit.

Cara memutihkan kulit secara alami memang membutuhkan waktu lebih lama dari pada menggunakan cream pemutih yang banyak dijual di pasaran. Namun